Tata tertib yang harus ditaati oleh semua orang yang memasuki gedung Pengadilan : 1. Ketua Majelis Hakim bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban dari semua pihak yang hadir di ruang sidang. Semua yang hadir di ruang sidang harus mentaati semua perintah yang dikeluarkan oleh Ketua Majelis Hakim. 2. Semua orang yang hadir di ruang sidang harus selalu menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan. Jika ada satu pihak yang tidak menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan, maka Ketua Pengadilan dapat memerintahkan individu tersebut untuk dikeluarkan dari ruang sidang dan bahkan dituntut secara pidana. 3. Mengenakan pakaian yang sopan. 4. Berbicara dengan suara yang jelas ketika seorang hakim atau penasehat hukum mengajukan pertanyaan, sehingga para hakim yang lain dapat mendengar dengan jelas. 5. Memanggil seorang Hakim dengan sebutan "Yang Mulia" dan seorang Penasihat Hukum dengan sebutan"Penasihat Hukum" 6. Berbagai benda berikut ini tidak diperkenankan untuk dibawa ke ruang sidang: -. Senjata api -. Benda tajam -. Bahan peledak -. Peralatan atau berbagai benda yang dapat membahayakan keamanan ruang sidang. 7. Petugas keamanan dapat melakukan penggeledahan setiap orang yang dicurigai memiliki salah satu atau lebih dari berbagai benda diatas. Siapa saja yang kedapatan membawa salah satu dari benda diatas akan diminta untuk menitipkannya di tempat penitipan khusus di luar ruang sidang. Ketika yang bersangkutan hendak meninggalkan ruang sidang, petugas keamanan dapat mengembalikan berbagai benda tersebut. Bahkan, pengunjung yang kedapatan membawa berbagai benda tersebut diatas ke dalam ruang sidang dapat dikenai dengan tuntutan pidana. 8. Dilarang membuat kegaduhan, baik didalam maupun diluar ruang sidang 9. Duduk rapi dan sopan selama persidangan. 10. Dilarang makan dan minum di ruang sidang. 11. Dilarang merokok baik di ruang sidang maupun di dalam gedung pengadilan. 12. Wajib mematikan telepon genggam selama berada di ruang sidang 13. Dilarang membawa anak-anak dibawah umur 12 tahun, kecuali Majelis Hakim menghendaki anak tersebut menghadiri persidangan. 14. Membuang sampah pada tempatnya. 15. Dilarang menempelkan pengumuman atau brosur dalam bentuk apapun di dalam gedung pengadilan tanpa adanya ijin tertulis dari Ketua Pengadilan. 16. Untuk melakukan rekaman baik kamera, tape recorder maupun viderecorder, di mohon untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada Majelis Hakim.

KATA SAMBUTAN

KETUA PENGADILAN NEGERI BATURAJA

 
 
Selamat Datang Di Website Pengadilan Negeri Baturaja, Dengan Moto Kami MANTAP (Melayani Asri Transparansi Akuntabel Profesional) Kami Selalu Berusaha Memberikan Pelayanan Prima Terbaik Kepada Masyarakat Pencari Keadilan Khusunya Di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Baturaja, Demi memenuhi kebutuhan anda untuk berpartisipasi memantau mengenai apa, bagaimana, dan sejauhmana kinerja segenap jajaran aparat peradilan pada Pengadilan Negeri Baturaja dalam memberikan pelayanan hukum terbaik kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum Pengadilan Negeri Baturaja , maka kami berusaha dapat menampilkannya secara cepat dan transparan.
 
Peningkatan kinerja menyeluruh dan sistematis yang dilakukan Pengadilan Negeri Baturaja meliputi pada ruang lingkup: manajemen peradilan, administrasi perkara, administrasi persidangan, pelayanan publik, pengelolaan keuangan, pengawasan, serta penanganan pengaduan.
 
Dengan demikian, transparansi yang kami tampilkan meliputi pada ruang lingkup tersebut. Dengan transparansi tersebut kami berusaha memberikan keyakinan kepada anda bahwa kami secara kelembagaan kompeten dan kredibel dalam menangani perkara, sejauhmana ketepatan dan kecepatan kami dalam tahapan penanganan perkara serta anda dapat mengikuti perkembangan perkara yang sedang kami tangani, serta sejauhmana kami mengelola secara cermat dan efisien uang negara dan uang perkara yang menjadi tanggung jawab kami.
 
Dengan upaya transparansi ini kami berharap Pengadilan Negeri Baturaja dapat memberikan pelayanan hukum terbaik sehingga proses untuk menegakkan hukum dan menjunjung keadilan menjadi semakin mudah diwujudkan. Melalui situs ini kami bertekad untuk senantiasa melaksanakan visi dan misi Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan supremasi hukum melalui kekuasaan kehakiman yang mandiri, efektif, efisien, profesional, serta mendapatkan kepercayaan publik.
 
Semoga informasi yang tersaji dalam situs ini bermanfaat, mohon maaf atas kekurangsempurnaan dalam penyajian, saran dan kritik anda sangat kami harapkan dan merupakan pendorong bagi bagi kami untuk senantiasa berbenah. Terima kasih dan kebahagiaan bagi kami apabila situs ini membawa manfaat bagi anda.
 
Baturaja

Ketua Pengadilan Negeri Baturaja

Ttd

Halida Rahardhini, S.H.,M.Hum

bluebrowncustomgreenorangepinkredturquoiseyellow