Tata tertib yang harus ditaati oleh semua orang yang memasuki gedung Pengadilan : 1. Ketua Majelis Hakim bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban dari semua pihak yang hadir di ruang sidang. Semua yang hadir di ruang sidang harus mentaati semua perintah yang dikeluarkan oleh Ketua Majelis Hakim. 2. Semua orang yang hadir di ruang sidang harus selalu menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan. Jika ada satu pihak yang tidak menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan, maka Ketua Pengadilan dapat memerintahkan individu tersebut untuk dikeluarkan dari ruang sidang dan bahkan dituntut secara pidana. 3. Mengenakan pakaian yang sopan. 4. Berbicara dengan suara yang jelas ketika seorang hakim atau penasehat hukum mengajukan pertanyaan, sehingga para hakim yang lain dapat mendengar dengan jelas. 5. Memanggil seorang Hakim dengan sebutan "Yang Mulia" dan seorang Penasihat Hukum dengan sebutan"Penasihat Hukum" 6. Berbagai benda berikut ini tidak diperkenankan untuk dibawa ke ruang sidang: -. Senjata api -. Benda tajam -. Bahan peledak -. Peralatan atau berbagai benda yang dapat membahayakan keamanan ruang sidang. 7. Petugas keamanan dapat melakukan penggeledahan setiap orang yang dicurigai memiliki salah satu atau lebih dari berbagai benda diatas. Siapa saja yang kedapatan membawa salah satu dari benda diatas akan diminta untuk menitipkannya di tempat penitipan khusus di luar ruang sidang. Ketika yang bersangkutan hendak meninggalkan ruang sidang, petugas keamanan dapat mengembalikan berbagai benda tersebut. Bahkan, pengunjung yang kedapatan membawa berbagai benda tersebut diatas ke dalam ruang sidang dapat dikenai dengan tuntutan pidana. 8. Dilarang membuat kegaduhan, baik didalam maupun diluar ruang sidang 9. Duduk rapi dan sopan selama persidangan. 10. Dilarang makan dan minum di ruang sidang. 11. Dilarang merokok baik di ruang sidang maupun di dalam gedung pengadilan. 12. Wajib mematikan telepon genggam selama berada di ruang sidang 13. Dilarang membawa anak-anak dibawah umur 12 tahun, kecuali Majelis Hakim menghendaki anak tersebut menghadiri persidangan. 14. Membuang sampah pada tempatnya. 15. Dilarang menempelkan pengumuman atau brosur dalam bentuk apapun di dalam gedung pengadilan tanpa adanya ijin tertulis dari Ketua Pengadilan. 16. Untuk melakukan rekaman baik kamera, tape recorder maupun viderecorder, di mohon untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada Majelis Hakim.

SEJARAH 

PENGADILAN NEGERI BATURAJA

 

Pengadilan tingkat I dikenal dengan istilah pengadilan negeri. Berdasarkan. UU No. 2/ 1986, pembentuk pengadilan negeri dilakukan melalui keputusan presiden. Adapun susunan pengadilan negeri terdiri atas pimpinan, hakim, anggota, panitera, sekretaris, hakim anggota, dan juru sita. Fungsi pengadilan negeri adalah memeriksa, memutuskan, dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama dari segala perkara perdata dan perkara pidana sipil untuk semua golongan penduduk. Wewenangnya adalah meliputi satu daerah tingkat dua: kota atau kabupaten.

Di pengadilan negeri, perkara-perkara diadili oleh seorang hakim yang dibantu oleh seorang panitera. Dalam masalah perkara-perkara ringan yang ancaman hukumannya kurang dari setahun diadili oleh seorang hakim tunggal.

Pengadilan Negeri Baturaja merupakan sebuah lembaga peradilan di lingkungan Peradilan Umum yang berkedudukan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (Baturaja). Pengadilan Negeri Baturaja merupakan salah satu Pengadilan Tingkat Pertama Klas II yang berada  dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Palembang yang berfungsi untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara pidana dan perdata bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya.

Berikut Daftar Nama Ketua Pengadilan yang pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Hingga Sekarang :

15

Singgih Wahono, SH.MH

No

Nama Ketua Pengadilan Negeri Baturaja

1

Achmad Syamsuddin, SH

2

Odjak Sutisna, SH

3

H. Sarip, SH

4

Sumantri, SH

5

R. Permata, T.R, SH

6

Tusani Djafri, SH

7

Fauzie Ishak, SH

8

Dr. H.M. Syarifudin, SH.MH

9

Drs. Amin Sembiring, SH

10

Subiantoro, SH

11

Zainal Abidin Hasibuan, SH

12

Hasoloan Sianturi, SH.MH

13

Efiyanto D, SH.MH

14

Mimi Haryani, SH

15

Singgih Wahono, SH

16

Dennie Arsan Fatrika, SH.MH

17

Agus Safuan Amijaya, SH.MH

bluebrowncustomgreenorangepinkredturquoiseyellow