Tata tertib yang harus ditaati oleh semua orang yang memasuki gedung Pengadilan : 1. Ketua Majelis Hakim bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban dari semua pihak yang hadir di ruang sidang. Semua yang hadir di ruang sidang harus mentaati semua perintah yang dikeluarkan oleh Ketua Majelis Hakim. 2. Semua orang yang hadir di ruang sidang harus selalu menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan. Jika ada satu pihak yang tidak menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan, maka Ketua Pengadilan dapat memerintahkan individu tersebut untuk dikeluarkan dari ruang sidang dan bahkan dituntut secara pidana. 3. Mengenakan pakaian yang sopan. 4. Berbicara dengan suara yang jelas ketika seorang hakim atau penasehat hukum mengajukan pertanyaan, sehingga para hakim yang lain dapat mendengar dengan jelas. 5. Memanggil seorang Hakim dengan sebutan "Yang Mulia" dan seorang Penasihat Hukum dengan sebutan"Penasihat Hukum" 6. Berbagai benda berikut ini tidak diperkenankan untuk dibawa ke ruang sidang: -. Senjata api -. Benda tajam -. Bahan peledak -. Peralatan atau berbagai benda yang dapat membahayakan keamanan ruang sidang. 7. Petugas keamanan dapat melakukan penggeledahan setiap orang yang dicurigai memiliki salah satu atau lebih dari berbagai benda diatas. Siapa saja yang kedapatan membawa salah satu dari benda diatas akan diminta untuk menitipkannya di tempat penitipan khusus di luar ruang sidang. Ketika yang bersangkutan hendak meninggalkan ruang sidang, petugas keamanan dapat mengembalikan berbagai benda tersebut. Bahkan, pengunjung yang kedapatan membawa berbagai benda tersebut diatas ke dalam ruang sidang dapat dikenai dengan tuntutan pidana. 8. Dilarang membuat kegaduhan, baik didalam maupun diluar ruang sidang 9. Duduk rapi dan sopan selama persidangan. 10. Dilarang makan dan minum di ruang sidang. 11. Dilarang merokok baik di ruang sidang maupun di dalam gedung pengadilan. 12. Wajib mematikan telepon genggam selama berada di ruang sidang 13. Dilarang membawa anak-anak dibawah umur 12 tahun, kecuali Majelis Hakim menghendaki anak tersebut menghadiri persidangan. 14. Membuang sampah pada tempatnya. 15. Dilarang menempelkan pengumuman atau brosur dalam bentuk apapun di dalam gedung pengadilan tanpa adanya ijin tertulis dari Ketua Pengadilan. 16. Untuk melakukan rekaman baik kamera, tape recorder maupun viderecorder, di mohon untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada Majelis Hakim.
 

Berita dan Informasi Terkini

Pengadilan Negeri Baturaja Turun Ke Jalan Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas

Pengadilan Negeri Baturaja Turun Ke Jalan Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas

Baturaja, hari Jumat tanggal 26 Februari 2021 pukul 07.00 WIB - 08.30 WIB, Ketua PN Baturaja didampingi Wakil Ketua PN Baturaja, dan seluruh Hakim, Pegawai serta tenaga honorer di PN Baturaja melakukan kegiatan sosialisasi pembangunan Zona Integritas PN Baturaja kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan di sepanjang Jalan HS. Simanjuntak Kota Baturaja tersebut merupakan salah satu cara untuk menyapa dan mengenalkan Zona Integritas PN Baturaja kepada masyarakat.

“Pencanangan pembangunan Zona Integritas itu sendiri, telah dilaksanakan oleh PN Baturaja pada tanggal 16 Januari 2018 lalu, namun pembangunan Zona Integritas PN Baturaja tetap dilakukan hingga saat ini. Dan hari ini PN Baturaja turun ke jalan untuk menyapa dan mensosialisasikan pembangunan Zona Integritas kepada masyarakat secara langsung.”, jelas Ketua PN Baturaja.

f46971dc d59d 4a8b b463 f54e233045ea

Menyesuaikan dengan program Pemerintah untuk tetap mematuhi protokoler kesehatan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, maka dalam kesempatan tersebut PN Baturaja telah membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat, sambil membagikan dan memasangkan stiker Zona Integritas pada kendaraan yang melintas di PN Baturaja.

“Selain mensosialisasikan pembangunan Zona Integritas, PN Baturaja juga mengenalkan beberapa inovasi berbasis teknologi yang telah diciptakan oleh tim IT PN Baturaja guna memudahkan masyarakat untuk menggunakan layanan di PN Baturaja”, sambung Ketua PN Baturaja.

f0e98fcb eaf1 47af 859e dd3500b23b2a

Inovasi yang telah diciptakan oleh PN Baturaja dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mengakses dan menggunakan layanan pengadilan tersebut antara lain SIMPEL (Sistem Informasi Perpanjangan Penahanan, Permohonan Persetujuan dan Izin Sita – Geledah) yaitu inovasi yang diciptakan untuk memudahkan dalam proses pengajuan perpanjangan Penahanan, persetujuan dan izin penyitaan dan penggeledahan secara online, SIBETA (Surat Izin Besuk Tahanan) yang diciptakan untuk memudahkan pihak keluarga mengajukan surat izin besuk tahanan secara online, SANDRA (Smart Asisten Data Perkara) yaitu inovasi untuk membantu masyarakat mengetahui data perkara, jadwal sidang, biaya perkara dan layanan PN Baturaja, PANTAU yaitu inovasi yang bertujuan untuk membantu masyarakat untuk memantau sisa biaya perkara di PN Baturaja, SUPEL (Survei Pengguna Layanan) yaitu inovasi untuk membantu pengguna layanan memberikan penilaian dan masukan terhadap pelayanan di PN Baturaja, SUPERAKSI (Survei Persepsi Anti Korupsi) yaitu inovasi untuk memudahkan masyarakat memberikan penilaian dan masukan terhadap sikap dan tindakan pegawai dalam mencegah praktik korupsi di PN Baturaja. Selain itu juga ada inovasi yang diciptakan oleh Mahkamah Agung RI yaitu E-Court yaitu inovasi untuk memudahkan Pemohon atau Penggugat untuk mendaftarkan perkara perdata dan melaksanakan persidangan secara elektronik di PN Baturaja, dan Eraterang yaitu inovasi untuk memudahkan masyarakat untuk membuat surat keterangan secara online, dimana inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh PN Baturaja tersebut dapat langsung diakses melalui website PN Baturaja dan nomor whatsapp.

 

“Harapan kami, PN Baturaja mendapat dukungan dari masyarakat Kota Baturaja agar selalu memberikan pelayanan prima bagi pengguna layanan, serta selalu berkomitmen untuk tidak melakukan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme dalam memberikan pelayanan di PN Baturaja, dan akhirnya kami memperoleh predikat WBK dan WBBM sebagai bentuk keberhasilan kami dalam melaksanakan dan mempertahankan integritas di PN Baturaja”, ujar Ketua PN Baturaja.

 

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat, karena terlihat banyak masyarakat sangat antusias untuk mengenal PN Baturaja dan inovasi yang telah diciptakan tersebut.


 325,    26  Feb  2021 ,   Berita Terkini

BERITA POPULER

Pelayanan Pengadilan

Pengadilan Negeri Baturaja Siap Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Pencari Keadilan yang membutuhkan Informasi dengan mudah cepat dan gratis melalui prosedur biasa atau prosedur khusus atau dengan cara :
  • Datang Langsung Ke Pengadilan Negeri Baturaja
  • Temui Petugas Meja Informasi dan Isi Formulir Permohonan Informasi
  • Mintalah Tanda Terima Kepada Petugas Informasi
  • Permohonan Informasi GRATIS Kecuali Biaya fotokopi
  • Keterangan Informasi paling lambat 3 hari sejak permohonan diterima
  • Keterangan Informasi Dapat Diperpanjang Bila Bervolume Besar
  • Keterangan Informasi Dapat Diperpanjang Bila Bukan Informasi Terbuka
Pelayanan Administrasi Persidangan pada Pengadilan Negeri Baturaja meliputi :
  • Persidangan Dimulai Pukul 09:00 WIB s/d Selesai
  • Persidangan pada Kab. OKU Timur Dilaksanakan setiap hari selasa
  • Persidangan pada Kab. OKU Selatan Dilaksanakan setiap hari Kamis
  • Persidangan Perkara Tilang dilaksanakan setiap hari Rabu
  • Jadwal Sidang dan Perkembangan Perkara yang selalu update
  • Pelayanan Pengadilan untuk Perkara Pidana tidak dikenakan biaya
  • Informasi Biaya Perkara Perdata
  • Pelayanan Perkara Perdata Permohonan
  • Pelayanan Perkara Perdata Gugatan
  • Pelayanan Upaya Hukum Banding, Kasasi maupun Peninjauan Kembali
Penegakan hukum melalui lembaga peradilan tidak bersifat diskriminatif. Artinya setiap manusia, baik mampu atau tidak mampu secara sosial-ekonomi, berhak memperoleh pembelaan hukum di depan pengadilan. Untuk itu diharapkan sifat pembelaan secara cuma-cuma dalam perkara pidana dan perdata tidak dilihat dari aspek degradasi martabat atau harga diri seseorang, tetapi dilihat sebagai bentuk penghargaan terhadap hukum dan kemanusiaan yang semata-mata untuk meringankan beban (hukum) masyarakat tidak mampu. Bagi masyarakat yang tidak mampu dapat mengajukan surat permohonan berperkara secara prodeo (cuma- cuma) dengan mencantumkan alasan- alasannya kepada Ketua Pengadilan dengan melampirkan :
  • Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah/Kepala Desa setempat
  • Surat Keterangan Tunjangan Sosial (Kartu Keluarga Miskin/Jamkesmas)
  • Surat Pernyataan Tidak Mampu
 

siwas

   PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI SIWAS

 

    Untuk Melapor Anda Dapat Langsung ke Meja Pengaduan PN Baturaja atau

 

     Melalui Layanan pesan singkat (SMS) Ke Nomor 085282490900 dengan format SMS:
     nama pelapor#nip/no.identias pelapor#nama terlapor#satuan kerja terlapor#isi pengaduan

 

     Pengaduan Melalui (e-mail) Dikirim Kealamat :
     pengaduan@badanpengawasan.net

 

     Pengaduan Secara Tertulis Dikirim ke alamat :
     Kepala Badan Pengawasan MA RI Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 By Pass Cempaka Putih Timur Jakarta

     Pusat – 13011 Atau Kotak Pengaduan Pada Badan Pengawasan,  Tlp/Fax :  (021) 29079274

 

     Pengaduan Melalui Aplikasi Online SIWAS :  Silahkan Klik Disini

 

 

Pengadilan Negeri Baturaja telah sepenuhnya melayani pembuatan Surat Keterangan secara ONLINE. Layanan tersebut dapat diakses melalui alamat  https://eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id  Brosur Eraterang Dapat didownload pada lampiran brosur eraterang, Petunjuk penggunaan aplikasi Surat Keterangan ONLINE dapat diunduh pada  lampiran ini

bluebrowncustomgreenorangepinkredturquoiseyellow