PROSEDUR PELAYANAN PERMINTAAN INFORMASI


A. Umum

1.  Prosedur pelayanan informasi di Pengadilan terdiri dari:

  1. Prosedur Biasa dan
  2. Prosedur Khusus.

2.  Prosedur Biasa digunakan dalam hal :

  1. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;
  2. Informasi yang diminta bervolume besar;
  3. Informasi yang diminta belum tersedia; atau
  4. Informasi yang diminta adalah informasi yang secara tidak tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses public atau informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat ijin dan diputuskan oleh PPID.

3.   Prosedur Khusus digunakan dalam hal permohonan diajukan secara langsung dan informasi yang  diminta:

  1. Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;
  2. Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses public dan sudah tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (missal: sudah diketik atau sudah diterima dari pihak atau pengadilan lain);
  3. Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau
  4. Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.

4.  Alasan permohonan informasi yang dibuat Pemohon tidak dapat dijadikan alasan untuk menolak pemberian informasi

5.  Petugas informasi wajib membantu Pemohon informasi dalam mengajukan permohonan.

6.  Khusus informasi untuk mendapatkan fotokopi putusan Mahkamah Agung baru dapat diminta setelah putusan tersebut diterima oleh para pihak yang berperkara atau setelah 1 (satu) bulan sejak putusan tersebut dikirimkan oleh Mahkamah Agung ke Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding.

B. Prosedur Biasa

Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur biasa dilakukan sesuai dengan skema alur dalam gambar berikut:

 

 

C. Prosedur Khusus

Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur khusus dilakukan sesuai dengan skema alur dalam gambar berikut:

 

 

 


Informasi

Pertanyaan Masyarakat
Isi Pertanyaan   
13/12/2019 : {M fajri anwar Bertanya:}
Saya ada keluhan terhadapa mantan pt tempat saya bekerja. Saya di phk dan uang gaji .sisa kontrak kerja.pesangon saya belum di berikan .padahal saya berkerja sudah hampir 2 tahun . Dan perihalnya jika saya menerima uang tersebut saya akan di penjara
17/08/2019 : {anitaraz Bertanya:}
http://www.tokoharga.com/
29/08/2018 : {SRI RAHAYU Bertanya:}
Assalamualaikum pak/bu, saya ada rencana untuk mengikuti pelelangan di OKUT. apakah ada pelelangan sawah tp yang sisitem nya tidak nggabung satu paket dengan rumah dan pekarangan.mohon info nya, Terima kasih.
17/02/2017 : {Wahyu Dianto Bertanya:}
Assalamualaikum.. pak/bu.. sya mau tnya.. sya laki2 berumur 19 thn.. tinggal brsama nenek (wali).. ibu sya krja diluar negri.. ibu dan ayah sya sdah brpisah.. sya dan ibu sya ikut KK nenek.. apakah sya perlu untk membuat akta perwalian? Akta perwalian ini akan sya gunakan untk mendaftar TNI..
27/01/2017 : {aang Bertanya:}
batu raja tetap sukses
15/09/2016 : {Daftar harga Hp Xiaomi Android Terbaru Bertanya:}
salm sejahteera
13/05/2016 : {yogi Bertanya:}
Mau tanya ni,, alamat rumah dinas Pengadilan di Baturaja apa?
Pengadilan Negeri Baturaja
Jln. HS Simanjuntak No 0792 Telp 0737-320212 Fax 320212
All Rights Reserved to PN Baturaja