Tata tertib yang harus ditaati oleh semua orang yang memasuki gedung Pengadilan : 1. Ketua Majelis Hakim bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban dari semua pihak yang hadir di ruang sidang. Semua yang hadir di ruang sidang harus mentaati semua perintah yang dikeluarkan oleh Ketua Majelis Hakim. 2. Semua orang yang hadir di ruang sidang harus selalu menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan. Jika ada satu pihak yang tidak menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan, maka Ketua Pengadilan dapat memerintahkan individu tersebut untuk dikeluarkan dari ruang sidang dan bahkan dituntut secara pidana. 3. Mengenakan pakaian yang sopan. 4. Berbicara dengan suara yang jelas ketika seorang hakim atau penasehat hukum mengajukan pertanyaan, sehingga para hakim yang lain dapat mendengar dengan jelas. 5. Memanggil seorang Hakim dengan sebutan "Yang Mulia" dan seorang Penasihat Hukum dengan sebutan"Penasihat Hukum" 6. Berbagai benda berikut ini tidak diperkenankan untuk dibawa ke ruang sidang: -. Senjata api -. Benda tajam -. Bahan peledak -. Peralatan atau berbagai benda yang dapat membahayakan keamanan ruang sidang. 7. Petugas keamanan dapat melakukan penggeledahan setiap orang yang dicurigai memiliki salah satu atau lebih dari berbagai benda diatas. Siapa saja yang kedapatan membawa salah satu dari benda diatas akan diminta untuk menitipkannya di tempat penitipan khusus di luar ruang sidang. Ketika yang bersangkutan hendak meninggalkan ruang sidang, petugas keamanan dapat mengembalikan berbagai benda tersebut. Bahkan, pengunjung yang kedapatan membawa berbagai benda tersebut diatas ke dalam ruang sidang dapat dikenai dengan tuntutan pidana. 8. Dilarang membuat kegaduhan, baik didalam maupun diluar ruang sidang 9. Duduk rapi dan sopan selama persidangan. 10. Dilarang makan dan minum di ruang sidang. 11. Dilarang merokok baik di ruang sidang maupun di dalam gedung pengadilan. 12. Wajib mematikan telepon genggam selama berada di ruang sidang 13. Dilarang membawa anak-anak dibawah umur 12 tahun, kecuali Majelis Hakim menghendaki anak tersebut menghadiri persidangan. 14. Membuang sampah pada tempatnya. 15. Dilarang menempelkan pengumuman atau brosur dalam bentuk apapun di dalam gedung pengadilan tanpa adanya ijin tertulis dari Ketua Pengadilan. 16. Untuk melakukan rekaman baik kamera, tape recorder maupun viderecorder, di mohon untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada Majelis Hakim.
 

Pembinaan Teknis & Administrasi Yudisial Pada 4 Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia Oleh YM Ketua Mahkamah Agung Secara Virtual

Rate this item
(0 votes)

Baturaja, Senin, 12 Oktober 2020. Hari ini PN Baturaja sedang mengikuti kegiatan Pembinaan Teknis & Administrasi Yudisial Pada 4 Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia Oleh YM Ketua Mahkamah Agung Secara Virtual. Kegiatan tsb dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua PN Baturaja, Bapak Ibu Hakim, Panitera dan Sekretaris.

70f7172c e1ce 45a4 97bb 06f8f6fe22db

98eae42c 2ee7 439b a404 f352f645b4ff[...]

Read more
 47

Mediasi Berhasil Damai Di Pengadilan Negeri Baturaja

Rate this item
(0 votes)

Baturaja, 08 Oktober 2020. Mediasi merupakan salah satu upaya yang wajib dilalui oleh para pihak yang bersengketa di pengadilan. Hal tersebut sebagaimana diatur dalam Pasal 4 ayat (1) Perma Nomor 1 tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan. Mediasi yang dilakukan bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara para pihak yang bersengketa sebelum sengketa atau perkara tersebut dilanjutkan dengan proses pembuktian di persidangan. Harapannya para pihak yang masing-masing memiliki kepentingan dapat menyatukan kepentingan-kepentingan tersebut menjadi sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan dan tidak saling merugikan. 

Proses mediasi di Pengadilan dipimpin oleh Mediator yang telah bersertifikat, profesional dan berpengalaman, sehingga para pihak tidak perlu khawatir dengan proses mediasi yang dilakukan atau beranggapan mediasi hanya formalitas semata. Karena sudah banyak perkara perdata yang diselesaikan dengan perdamaian yang dilahirkan dari proses mediasi. Salah satunya, proses mediasi yang dilakukan di PN Baturaja yang dipimpin oleh Bapak Dwi Bintang Satrio, SH., M.H. Mediasi tersebut dilaksanakan di ruang mediasi PN Baturaja selama beberapa hari dan telah mencapai kesepakatan perdamaian pada hari Senin tanggal 05 Oktober 2020. Yang terpenting selama proses mediasi adalah semua pihak melaksanakan mediasi dengan hati yang tenang, mengikuti arahan mediator, mendengarkan apa yang disampaikan oleh pihak lain dengan hati yang lapang, hingga akhirnya menemukan kesepakatan yang berakhir damai. Mari kita selesaikan sengketa atau perkara apapun dengan proses mediasi.

[...]

Read more
 39

Peringatan Hut Dharmayukti Karini XVIII dan Penyerahan Bantuan Dana Beasiswa Dharmayukti Karini Cabang Baturaja Tahun 2020

Rate this item
(0 votes)

Baturaja, 25 September 2020, Peringatan HUT Dharmaykti Karini XVII dan Penyerahan Bantuan Dana Beasiswa Dharmayukti Karini Cabang Baturaja Tahun 2020 telah berjalan dengan khikmat dan lancar secara virtual di Tingkat Pusat dan Daerah, secara serimonial pada Tingkat Cabang.

DSC01049   DSC01082

2   1

3

 

Perayaan HUT Dharmayukti Karini XVII dan Penyerahan Bantuan Dana Beasiswa Dharmayukti Karini Cabang Baturaja Tahun 2020, dilaksanakan di ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Baturaja dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid 19 yang berlangsung dari pukul 11.00 Wib s/d selesai.

7  4

5   6

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, Ketua Pengadilan Agama Baturaja, Ketua Pengadilan Agama Martapura, Ketua Pengadilan Agama Muaradua, Hakim, Panitera, Sekretaris Pengadilan Negeri Bturaja serta Ibu-Ibu Pengurus dan Anggota DYK Cabang Baturaja. Penyerahan Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) diberikan kepada TK 2 (dua) orang, SD 6 (enam) orang, SMA 2 (dua) Orang dan Perguruan Tinggi 2 (dua) orang.[...]

Read more
 46

Rapat Kerja Pengadilan Negeri Baturaja Bulan September 2020

Rate this item
(0 votes)

Baturaja, 04 September 2020. Pengadilan Negeri Baturaja mengadakan rapat rutin bulan September 2020 untuk membahas hal-hal yang sudah dilaksanakan dan kendala yang dihadapi di bulan Agustus 2020. Rapat bulanan tersebut dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua PN Baturaja, Panitera dan Sekretaris, serta dihadiri oleh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai, Tenaga Honorer dan TKS.

55a810e5 b853 4295 a9a0 9b4018a019f1   930bdc9a 3958 4cb8 8ec2 501c7e145c6c

Dalam rapat tersebut, Ketua PN Baturaja kembali mengingatkan agar keluarga besar PN Baturaja menjaga dan meningkatkan kedisiplinan dan integritas diri sebagaimana telah diatur oleh Mahkamah Agung dalam Perma Nomor 7, 8, dan 9 tahun 2016 dan Maklumat KMA Nomor 1 tahun 2017. Selanjutnya Ketua PN Baturaja membahas tentang tindak lanjut dari pengawasan bulan lalu dan upaya untuk meningkatkan performa SIPP PN Baturaja.

Kemudian dilanjutkan dengan Wakil Ketua PN Baturaja yang menyampaikan laporan hasil pengawasan oleh masing-masing Hakim pengawasan bidang dan mendengarkan tanggapan dan tindak lanjut dari masing-masing bidang. Selanjutnya dilanjutkan dengan Panitera dan Sekretaris yang menyampaikan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing.

8bfcbfb7 8149 4d1a 8aa0 8500801ad0ac   60220b9d 6ff0 424d 860b 9990d0cb911b

 1cbcd19a 462d 44e8 9670 7663bded29df

Kegiatan rapat bulanan diakhiri dengan pembagian reward kepada 3 Hakim dan 3 Panitera Pengganti dengan minutasi terbaik bulan Agustus 2020, serta memberikan reward kepada petugas PTSP, Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang memberikan performa terbaik dalam melaksanakan tugas dan kewajiban selama bulan Agustus 2020.

40834c52 008c 4743 9064 5c05c8b53e8c   fa88145c e506 47d4 ba55 4c18844df770[...]

Read more
 137

Purnabhakti Panitera Muda Hukum Bpk Amirullah, S.H.

Rate this item
(0 votes)

Pengadilan Negeri Baturaja, Kamis 3 September 2020, Diadakan Acara Perpisahan Pensiun / Purnabakti Bagi Panitera Muda Hukum Bpk Amirullah, SH, Ketika Memasuki Usia 60 Tahun Maka Sudah Saatnya Panitera Muda Hukum Yang Merupakan Jabatan Fungsional Pada Pengadilan Negeri Baturaja untuk Memasuki Masa Pensiun, Ada Tawa, Canda dan Rasa Haru Penuh Dengan Kekeluargaan Ketika Acara Perpisahan ini dilaksanakan dengan cara yang sederhana dan penuh rasa kekeluargaan yang mendalam Apapun itu yang namanya pensiun bukanlah akhir dari segalanya. Banyak orang ketika memasuki masa pensiun. Mereka membuka bisnis sendiri dan menikmati masa tua sekaligus menjadi orang yang lebih bermanfaat buat lingkungan sekitarnya. Selamat Menjalankan Masa Pensiun Bagi Bpk Amirullah, SH beserta Istri, Doa Kami selalu Menyertai untuk kesuksesan serta kebahagiaan masa pensiun bagi bapak beserta istri dan keluarga, terima kasih karena telah menjadi bagian dari keluarga besar pengadilan negeri baturaja, semoga tali silahturahmi tetap terjaga hingga akhir masa.

 

 [...]

Read more
 91

Penutupan Hasil Pembinaan Dan Pengawasan Hakim PT Palembang Di PN Baturaja

Rate this item
(0 votes)

Banturaja, 28 Agustus 2020. PN Baturaja kembali menghadiri kegiatan Pembinaan dan Pengawasan dari Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Palembang. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yang dimulai pada hari Kamis dan hari Jumat. Sebelumnya Hakim Tinggi Pengawas menyampaikan bahwa kegiatan Pembinaan dan Pengawasan yang dilakukan oleh Hakim Tinggi Pengawas di PN Baturaja bukan kegiatan untuk mencari kesalahan di PN Baturaja, tetapi mencari kendala yang menghambat kinerja Pengadilan dan menemukan solusi terbaik agar PN Baturaja semakin lebih baik.

09e59f16 53e3 4157 b167 c9d319a3c122   9e205bf5 a188 44d1 8eef 059bced022da

Pada kesempatan tersebut Hakim Tinggi yang telah melakukan pembinaan dan pengawasan pada setiap bagian menyampaikan kepada keluarga besar PN Baturaja untuk tetap mempertahankan yang sudah baik dan benar dan diupayakan untuk ditingkatkan agar menjadi lebih baik lagi. Selain itu, terkait dengan hal-hal yang perlu diperbaiki sebagaimana telah disampaikan pada masing-masing bagian, maka diharapkan pula untuk segera diperbaiki dan ditindaklanjuti agar pada pengawasan atau pembinaan yang akan datang maka hal-hal tersebut tidak ditemukan lagi.

de300834 48b2 43d5 9450 08459044c55d[...]

Read more
 87

Pembinaan Dan Pengawasan Hakim Tinggi Pengawas PT Palembang Di PN Baturaja

Rate this item
(0 votes)

Baturaja, 27 Agustus 2020. PN Baturaja mengadakan Pembinaan dan Pengawasan oleh Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Palembang di Pengadilan Negeri Baturaja. Hakim Tinggi yang ditugaskan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan di PN Baturaja yaitu Yang Mulia Bapak Dr. Ahmad Yunus, S.H., M.H., dan Yang Mulia Bapak Rambang Sabaruddin Ilyas, S.H., M.Hum.

0efb1783 08e8 47b9 a763 db7d8fa7bc1e   5457af1a 2eab 4024 9acd 32232798df44

Setibanya di PN Baturaja, Hakim Tinggai Pengawas tersebut langsung melakukan pembinaan dan pengawasan kepada keluarga besar PN Baturaja di ruang sidang utama PN Baturaja. Pada kesempatan tersebut, Hakim Tinggi Pengawas menyampaikan beberapa hal antara lain tetap menjaga integritas diri dan meningkatkan disiplin. Selanjutnya terkait dengan pengawasan Hakim Tinggi Pengawas menyampaikan agar setiap bagian dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sebaik mungkin, melakukan monitoring serta evaluasi terhadap temuan-temuan tersebut.

2a830169 d678 4b0b a580 a1ce5f336e6b   c9d08f8e b9ca 4e0b 94a3 a6468bac751f

26dd5783 1baf 4c3f 8642 daf0b5ff8081   caeec627 b8fb 4b50 92b8 d5672deaf1f1

80a10088 aa23 4fd1 aca2 4e7f412fe839   e140f1e1 1fee 4766 83ea 641f0fc52b0a

Hakim Tinggi Pengawas juga meminta Panmud dan Kasubbag setiap bagian untuk bersiap di setiap ruangan beserta Hakim Pengawas Bidang masing-masing bagian.
Kegiatan pengawasan tersebut dilakukan sampai jam kerja selesai, dan akan dilanjutkan kembali keesokan harinya.
[...]

Read more
 76

Kunjungan Ketua Mahkamah Agung RI Ke PN Baturaja

Rate this item
(0 votes)

Pengadilan Negeri Baturaja Sungguh Sangat Berbahagia dan Merasa Terhormat Karena Mendapatkan Kunjungan Dari Ketua Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. H.Muhammad Syarifuddin S.H, M.H Beserta Istri Yang Berkenan Datang Ke Pengadilan Negeri Baturaja.

 

 

Dalam Kesempatan Ini, Ketua Mahkamah Agung meninjau Seluruh Fasilitas Pelayanan Publik Yang Ada Di Pengadilan Negeri Baturaja Seperti Meja PTSP, Pojok E-Court serta Sarana Dan Prasarana Persidangan Melalui Teleconference / E-Litigasi, dan Juga Kelayakan Ruang Tahanan Yang Ada Di Pengadilan Negeri Baturaja, Serta Ruang Server IT Pengadilan Negeri Baturaja dan Ruang Teleconference / Command Center.

Selain Itu Ketua Mahkamah Agung Juga Memasuki Tiap Tiap Ruangan untuk Meninjau Kelayakan Ruangan Tersebut Mulai Dari Segi Aspek Kebersihan, Kerapian Hingga Keamanan Data Dalam Kunjungan Ini Ketua Mahkamah Agung RI Datang Untuk Bersilahturahmi dan Memastikan Bahwa Seluruh Pelayanan Publik Bagi Masyarakat Pencari Keadilan Didalam Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Baturaja Khususnya Diwilayah OKU, OKU Timur dan OKU Selatan Dapat Terlayani Dengan Baik Sesuai Dengan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Yang Telah Ditetapkan. [...]

Read more
 126

Penyematan Satya Lencana Kepada Hakim Dan Pegawai PN Baturaja

Rate this item
(0 votes)

Baturaja, 19 Agustus 2020, Bertempat Di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Baturaja Dilaksanakan Acara Penyematan Satya Lencana Kepada 2 Orang Hakim, SH. , 3 Orang Pejabat Stuktural, 2 Orang Panitera Pengganti, 1 Orang Jurusita Pengganti, 1 Orang Staf.

Pemberian Satya Lencana Ini Merupakan Wujud Apresiasi Pemerintah Terhadap Pegawai Negeri Sipil Yang Telah Mengabdi Kepada Nusa dan Bangsa. Satya Lencana Yang Diberikan Berupa Satya Lencana Pengabdian Selama 30 Tahun, 10 Tahun dan 8 Tahun yang disematkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Bpk Agus Sapuan Amijaya, SH.MH dan Wakil Ketua PN Baturaja, Ibu Khalida Rahardini, SH.,M.Hum[...]

Read more
 82

BERITA POPULER

 

E-COURT MAHKAMAH AGUNG - (PENDAFTARAN PERKARA SECARA ONLINE)

 

 

Melalui Perma No. 1 Tahun 2019 dan SK KMA No. 129/KMA/SK/VIII/2019, E-Court kini telah dikembangkan untuk layanan bagi Pengguna Terdaftar (advokat) dan Pengguna Lain (Perorangan, Badan Hukum, Pemerintah, Kuasa Insidentil) untuk melakukan Pendaftaran Perkara Perdata Gugatan, Gugatan Sederhana, Bantahan dan Permohonan Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

  •  e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan)
  •  e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online)
  •  e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

Dalam hal pendaftaran akun e-court untuk pengguna lain (Perorangan, Badan Hukum, Pemerintah, Kuasa Insidentil) hanya bisa dilakukan melalui meja e-court Pengadilan Negeri Baturaja, setelah melakukan pendaftaran di meja e-court pengadilan barulah penggguna lain akan mendapat user dan password untuk dapat mengakses akun e-court , sedangkan untuk pengguna terdaftar /advocat harus melalui mekanisme validasi Advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana Advokat disumpah. Layanan dan Penjelasan singkat Pendaftaran Perkara Online

 

PENYELESAIAN GUGATAN SEDERHANA

 

Melalui Perma Nomor 4 Tahun 2019 tentang perubahan atas perma nomor 2 tahun 2015 tentang tatacara penyelesaian gugatan sederhana pada perkara perdata yang nilai gugatannya tidak lebih dari 500 juta dan bukan mengenai sengketa tanah akan diperiksa dengan acara yang sederhana oleh hakim tunggal.. Dalam memeriksa perkara yang dikategorikan sebagai “gugatan sederhana”, pengadilan harus menyelesaikan paling lama 25 hari sejak sidang pertama. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang perubahan atas perma nomor 2 tahun 2015 tentang tatacara penyelesaian gugatan sederhana, Merupakan suatu gebrakan dari Mahkamah Agung sebagai penyelenggara tertinggi kekuasaan kehakiman di Indonesia sebagai upaya menciptakan prosedur penyelesaian sengketa lebih sederhana, cepat, dan dengan biaya ringan dan kini pendaftaran gugatan sederhana dapat didaftarkan secara online melalui e-court mahkamah agung baik untuk pengguna terdaftar (advokat) maupun pengguna lain (perorangan,badan hukum, pemerintah, kuasa insidentil)

bluebrowncustomgreenorangepinkredturquoiseyellow