May 21, 2019
Super User

Super User

Selfies labore, leggings cupidatat sunt taxidermy umami fanny pack typewriter hoodie art party voluptate. Listicle meditation paleo, drinking vinegar sint direct trade.

Desakan ingin buang air kecil terus dikenal dengan kandung kemih overaktif atau overactive bladder (OAB). Kondisi ini cukup menyusahkan karena perasaan ingin kencing terus menerus tanpa mengenal situasi dan kadang tidak bisa kendalikan. Sebenarnya, apa saja yang menyebabkan kandung kemih jadi terlampau aktif dan sensitif? Cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Kenapa saya ingin kencing terus menerus?

Kandung kemih adalah kantung tempat menyimpan urine yang dihasilkan oleh ginjal. Saat urine penuh, otot sekitar kandung kemih akan berkontraksi, merangsang saraf untuk mengirimkan sinyal pada otak. Kemudian, otak akan menerjemahkan sinyal tersebut dan memerintahkan Anda untuk segera bergegas ke kamar mandi.

Namun, pada orang dengan kondisi tertentu, kandung kemih sering bermasalah, yaitu sering berkontraksi tanpa sengaja. Padahal, urine yang terkumpul belum penuh dan siap didorong ke bagian uretra untuk dibuang. Kondisi inilah yang menggambarkan kandung kemih terlalu aktif sehingga membuat Anda ingin buang air kecil terus menerus.

Dilansir dari laman Health Line, kontraksi otot kandung kemih yang tidak disengaja memang penyebab utama Anda ingin kencing terus menerus. Namun, beberapa kondisi juga bisa menyebabkan kandung kemih overaktif bagian dari gejalanya, seperti:

1. Kelainan sistem saraf (gangguan neurologis)

Beberapa masalah pada saraf yang menyebabkan OAB, antara lain:

·         Penyakit Parkinson (gangguan progresif pada sistem saraf yang memengaruhi kemampuan gerak)

·         Multiple Sclerosis (masalah sistem imun yang memengaruhi sel saraf dalam otot dan tulang belakang)

·         Stroke (terganggunya fungsi otak akibat asupan darah yang terhambat atau tidak tercukupi)

2. Kerusakan saraf

Beberapa kondisi yang menyebabkan rusaknya saraf sehingga OAB bisa terjadi, meliputi:

·         Komplikasi diabetes yang sudah merusak saraf (neuropati diabetik)

·         Anak yang lahir dengan cacat tabung saraf

·         Adanya infeksi di otak atau sumsum tulang belakang

·         Trauma pada tuang belakang, panggul, atau perut akibat cedera atau operasi

3. Infeksi saluran kemih (ISK)

ISK dapat meningkatkan aktivitas otot kandung kemih sehingga memicu rasa ingin kencing terus menerus. Gejala lain yang meliputi adalah rasa nyeri dan sensasi terbakar saat buang kecil.

4. Penyumbatan di kandung kemih

Adanya batu, pembesaran prostat, atau tumor pada kandung kemih bisa merangsang kontraksi otot kandung kemih. Hal ini menyebabkan perasaan ingin buang air jadi lebih sering, namun aliran urine yang dikeluarkan sangat lambat atau lemah.

5. Kehamilan dan menopause

Adanya janin pada rahim membuat tekanan pada kandung kemih. Tekanan tersebut merangsang otot kandung kemih untuk berkontraksi dan mendorong urine keluar. Kondisi menyebabkan ibu hamil jadi sering buang air dan kadang tidak bisa dikendalikan.

Selain ibu hamil, wanita yang mengalami menopause juga akan mengalami OAB. Tingkat hormon estrogen yang menurun menyebabkan otot kandung kemih dan uretra melemah. Kondisi ini menyebabkan desakan ingin buang air tanpa bisa dikendalikan.

 

 

Baturaja, 22 April 2019. Bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Baturaja, berlangsung acara Pelantikan Pengurus Dharmayukti Karini Cabang Baturaja Masa Bakti 2018 - 2021. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars Dharmayukti Karini, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan tentang Susunan Pelantikan Pengurus Dharmayukti Karini Cabang Baturaja Masa Bakti 2018 - 2021 yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Baturaja selaku Pelindung Dharmayukti Karini Cabang Baturaja Bpk. Dennie Arsan Fatrika, S.H.,M.H,

Pelindung Dharmayukti Karini Cabang Baturaja dalam sambutannya, memberikan ucapan selamat kepada Pengurus baru dan berharap agar dapat berperan aktif dalam kegiatan sehingga Visi dan Misi Dharmayukti Karini yaitu dapat mempersatukan ibu-ibu di Mahkamah Agung Republik Indonesia dan seluruh Badan Peradilan di Indonesia, yang dapat menjalin keterpaduan dalam langkah dan kegiatan serta menumbuh kembangkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan dapat terwujud.

Selanjutnya, Pengurus Dharmayukti Karini Cabang Baturaja dinyatakan sah untuk selanjutnya menjalankan fungsi organisasi wanita peradilan di Kota Baturaja.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Bpk. Dennie Arsan Fatrika, S.H.,M.H, juga selaku Pelindung Dharmayukti Karini Cabang Baturaja, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Bpk. Agus Safuan Amijaya, S.H.,M.H, Panitera Bpk. Abunawas, S.H.,M.H, Sekretaris Bpk. Dwi Joko Handoyo, SH, para Hakim, Pengurus dan Anggota Dharmayukti Karini Cabang Baturaja.

45940dd8 a786 4caa 811c e9a140043542   afddd842 cce0 4ca2 b4cf d6610e2a927f

f5853739 28d8 4050 8f41 a554d746e63c   316fbcd1 e694 4819 93ab 95d8409d40a6

ae0c56f5 eff3 4a80 a919 53d797fa1189   6c95062f fbc5 49a9 a4fa 963dced840c9

Mungkin memang cinta adalah bumbu yang bisa membuat makanan jadi bertambah lezat, apalagi jika menu tersebut khusus dihadirkan untuk orang spesial yang benar-benar disayang. Seperti pie susu asli enaaak milik bu Tantri. Oleh karena keinginannya untuk menyajikan cemilan enak dan bergizi untuk anaknya, bu Tantri banyak mencoba membuat olahan kue dan camilan dengan banyak varian rasa termasuk pie. Karena kemantapan hati dan dukungan dari sang anak, akhirnya pie susu buatannya berani dititipkan di beberapa warung. Seperti betutu asli men tempeh Gilimanuk, pie susu asli enaaak ini kemudian menjadi pelopor pie susu-pie susu yang berdiri sampai sekarang ini bahkan sampai dikenal sebagai oleh-oleh khas Bali.

 

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda gangguan bicara pada anak perlu diketahui sedini mungkin. Akan tetapi, diagnosis akurat untuk kondisi ini cukup sulit dilakukan kepada anak di bawah tiga tahun. Hal ini dikarenakan anak tampak baik-baik saja.

Namun, semakin anak bertambah besar, ketepatan diagnosis biasanya meningkat.

Kepala Kepala Divisi Pediatri, Departemen Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Luh Karunia Wahyuni, mengungkapkan, beberapa cara untuk mengidentifikasi adanya gangguan bicara pada anak.

  1. Perhatikan perkembangan komunikasi pada anak, apakah anak mampu berkomunikasi dengan normal atau tidak.
  2. Melihat bagaimana kesulitan proses komunikasi anak.
  3. Lakukan tes saat menemukan permasalahan gangguan bicara pada anak.

Tes atau skrining awal dilakukan menggunakan kuesioner guna mengetahui perkembangan anak, seperti Language Development Survey (LDS), MacArthur Communicative Development Inventories (CDIs), Ages and Stages Questionnaire (ASQ).

Jika hasilnya cenderung menunjukkan suatu gangguan komunikasi, dapat digunakan tes skrining berupa Clinical Linguistic Auditory Milestone Scale (CLAMS) dan Early Language Milestone (ELM) Scale, jelas dr Luh saat dihubungi Health Liputan6.com melalui surat elektronik (email) pada 26 Mei 2017.

Apabila ada kemungkinan anak benar-benar mengalami gangguan bicara, maka pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan untuk meneliti penyebab agar proses penanganan dapat dijalani tepat waktu.

Membuat tubuh tetap terhidrasi tidak hanya dilakukan dari dalam, tapi juga dari luar

Tidak hanya air putih yang bisa membuat tubuh tetap terhidrasi selama puasa, delapan cara ini bisa jadi alternatif selain air putih.

 

 

tirto.id - Air putih menjadi alternatif paling baik untuk membuat tubuh terhidrasi. Namun, selama menjalankan ibadah puasa, tubuh tidak diberi asupan H20 seharian, sehingga perlu asupan tambahan agar cairan dalam tubuh tercukupi.

Ada banyak makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk menjaga tubuh agar tetap segar dan terhidrasi sepanjang hari. Jika Anda merasa bosan dengan air putih, berikut delapan cara agar tubuh tetap terhidrasi, terutama selama menjalankan ibadah puasa, seperti dikutip dari Gulf News.

1. Makan semangka
Semangka terdiri dari 92 persen air, dan 8 persen buah. Cairan yang ditemukan dalam semangka meliputi garam, kalsium dan magnesium, yang merupakan komponen sempurna untuk melembabkan kembali tubuh setelah satu hari berpuasa. Semangka bisa dibuat jus atau dipotong-potong dan langsung dikonsumsi.

2. Minum susu
Susu bisa menjadi alternatif selain air putih untuk membuat tubuh terhidrasi. Susu bisa dikonsumsi bersama dengan sereal saat berbuka puasa. Kandungan kalsium dalam susu sangat bermanfaat agi tubuh Anda. Susu rendah lemak atau susu coklat lebih disarankan untuk menjaga tubuh terhidrasi sepanjang hari. Minuman ini juga bisa membantu pemulihan setelah berolahraga.

3. Makan sup waktu berbuka
Sup adalah makanan berbuka yang pas untuk berbuka karena selain mengandung air, juga sehat dan bergizi. Makanan ini mampu meningkatkan asupan cairan dan mengambalikan energi Anda setelah seharian berpuasa.

4. Konsumsi smoothie
Pilih beberapa buah yang mengandung banyak air seperti jeruk, semangka, apel, nanas, lalu buatlah smotthie. Alih-alih menambahkan yogurt atau susu, cobalah menambahkan air dan es sebagai gantinya. Ini akan membuat Anda terhidrasi dan kenyang lebih lama. Buat smoothie dalam jumlah banyak, sehingga Anda bisa mengonsumsinya saat sahur dan berbuka.

5. Hindari makanan asin
Menghindari makanan asin rasanya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, Anda harus berusaha melakukannya karena kandungan garam dalam makanan asin akan menguras cairan dalam tubuh Anda lebih cepat. Tubuh biasanya hanya membutuhkan sedikit kandungan garam, yang bisa didapat secara alami dari beberapa jenis buah dan sayur. Jadi, cobalah untuk menghindari gorengan seperti kentang goreng, ayam goreng, lalu gantilah dengan sayur dan buah-buahan.

6. Salad bisa jadi pilihan
Jika Anda tidak terlalu menyukai sup, Anda bisa membuat salad untuk berbuka atau sahur. Utamakan selada ada dalam campuran salad Anda, karena selada mengandung 96 persen air. Selada menjadi pilihan tepat jika Anda ingin melembabkan tubuh Anda kembali. Tambahkan sayuran lain seperti mentimun dan tomat yang juga mengandung banyak air.

7. Hidrasi tubuh dari luar
Setelah Anda mengonsumsi makanan dan minuman di atas, Anda juga perlu melembabkan tubuh dari luar. Pastikan Anda melembabkan kulit agar tetap segar dan terhidrasi. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah setelah mandi dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk memakai tabir surya jika Anda harus berkegiatan di luar pada siang hari.

8. Jangan terlalu sering mencuci muka
Mungkin Anda berpikir dengan mencuci muka, kulit Anda menjadi lembab karena tersentuh air. Hal itu mungkin benar jika Anda tidak terlalu sering mencuci muka, karena mencuci muka menghilangkan minyak alami yang diproduksi kulit dan malah membuat kuit semakin kering. Jika Anda sering mencuci muka, pastikan sering menggunakan pelembab agar kulit tetap lembab dan segar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2017 bertambah.

Penambahan tersebut dituangkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 684 Tahun 2016, Nomor 302 Tahun 2016 dan Nomor SKB/02/Menpan-RB/2016 pada 21 November 2016.

SKB tiga menteri ini sendiri merupakan perubahan atas SKB tiga menteri sebelumnya Nomor 135 Tahun 2016, Nomor SKB 109 Tahun 2016 dan Nomor 01/SKB/MENPANRB/04/2016 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2017.

Sebelum ada perubahan ini, hari libur nasional tahun 2017 berjumlah 14 hari dan cuti bersama empat hari.

(Baca: 1 Juni Tanggal Merah, Ini Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017)

Setelah perubahan, libur nasional tahun ini menjadi 15 hari dan cuti bersama menjadi enam hari.

Berikut rincian hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2017 sebagaimana dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, www.menpan.go.id, Kamis (23/3/ 2017) :

Hari Libur Nasional:
1. Minggu, 1 Januari: Tahun Baru 2017 Masehi
2. Sabtu, 28 Januari: Tahun baru Imlek 2568 Kongzili
3. Selasa, 28 Maret: Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939
4. Jumat, 14 April: Wafat Isa Almasih
5. Senin, 24 April: Isra Miraj Nabi Muhammad SAW
6. Senin, 1 Mei: Hari Buruh Internasional
7. Kamis, 11 Mei: Hari Raya Waisak 2561
8. Kamis, 25 Mei: Kenaikan Isa Almasih
9. Kamis, 1 Juni: Hari Lahir Pancasila
10. Minggu-Senin, 25-26 Juni: Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah
11. Kamis, 17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
12. Jumat, 1 September: Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah
13. Kamis, 21 September: Tahun Baru Islam 1439 Hijriah
14. Senin, 25 Desember: Hari Raya Natal.

Cuti Bersama:
1. Senin, 2 Januari: Tahun Baru 2017 Masehi
2. Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat atau 27, 28, 29 dan 30 Juni: Hari Raya Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah
3. Selasa, 26 Desember: Hari Raya Natal.

SKB tiga menteri itu ditandatangani Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

 

Kamis, 29 September 2016, Dharmayukti Karini cabang PN Baturaja memperingati HUT Dharmayukti Karini ke XIV. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus Dharmayukti karini cabang Baturaja.

Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Bapak Singgih Wahono, SH selaku pelindung Dharmayukti Karini cabang PN Baturaja dan Ketua PN Baturaja, dilanjutkan oleh ketua Dharmayukti Karini cabang PN Baturaja Ibu Mega Dennie Arsan, SH yang memberikan kata sambutan.

JEK 2838

JEK 2900

Dharmayukti Karini cabang PN Baturaja juga menyerahkan Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) kepada anak-anak pegawai serta honorer yang berhak menerimanya.

JEK 2850

Dalam acara tersebut juga, diadakan penyerahan hadiah dalam lomba pembuatan nasi tumpeng yang diikuti oleh ibu-ibu Dharmayukti Karini yang dilaksanakan kemarin.

JEK 2911

JEK 2865

BATURAJA - Sejumlah Hakim bersama pegawai Pengadilan Negeri Baturaja dan Pengadilan Agama Baturaja menggelar jalan santai dalam rangka memperingati HUT Mahkamah Agung RI dan HUT RI ke-71.

Kegiatan jalan santai itu dimulai dari kantor PN Baturaja melewati taman kota Baturaja,  rumah sakit DKT Baturaja, Kejaksaan Negeri Baturaja, dan kembali ke kantor PN Baturaja.

P 20160812 071630

Seluruh hakim, pegawai, ibu-ibu Dharmayukti Karini dan anak-anak PKL sangat antusias dalam mengikuti acara jalan santai ini. Acara ini bertujuan mempererat silaturrahmi, selain juga meningkatkan kesadaran untuk hidup sehat.

13938366 1425893797427499 805478845265897125 n

Acara dilanjutkan dengan makan bersama dan pembagian kupon dengan hadiah-hadiah yang sangat menarik berupa kulkas, mesin cuci, TV, kipas angin dan berbagai hadiah menarik lainnya.

P 20160812 083415

P 20160812 083438

P 20160812 083505

Pada hari ini Jum’at tanggal 28 Agustus 2015, keluarga besar Pengadilan Negeri Baturaja melaksanakan kegiatan senam pagi bersama yang diikuti oleh seluruh karyawan, pejabat struktural dan fungsional, ibu-ibu dharmayukti karini, honorer beserta anak PSG (SMKN 1 Baturaja).

 

Senam pagi ini dipimpin oleh instruktur senam ternama di Baturaja Ibu Dali dan dilaksanakan setiap Jum’at pagi untuk menjaga kesehatan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Baturaja agar dapat prima melaksanakan tugas sehari-hari karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat (Mens sana in corpora sano).

Hari Ulang Tahun (HUT) Dharmayukti Karini Ke-XIII Tahun 2015 dilaksanakan oleh Dharmayukti Karini cabang Baturaja pada hari Jum’at tanggal 18 September 2015 bertempat di Kantor Pengadilan Negeri Baturaja. Hadir dalam acara ini adalah Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, para Hakim Pengadilan Negeri Baturaja, dan anggota Dharmayukti Karini cabang Baturaja.

 

Acara HUT Dharmayukti Karini memiliki tema “Mempersiapkan Kemandirian Anggota Untuk Mewujudkan Visi Misi.” Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu mars Dharmayukti Karini, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wakil Ketua Dharmayukti Karini Ny. Marlina A.Karim dan Ketua Pengadilan Negeri Baturaja selaku pelindung Ibu Mimi Haryani, SH.

Sebagai simbol puncak acara Perayaan HUT Dharmayukti Karini dilakukan pemotongan Tumpeng dilanjutkan dengan perlombaan pembuatan tumpeng dan penyerahan bantuan dana beasiswa (BDBS) kepada siswa siswi berprestasi.

 

Page 1 of 5
Copyright © PN-Baturaja 2017 All Rights Reserved. Designed By PN-Baturaja