December 11, 2018

11 Es Buah Segar dan Es Tradisional Favorit Untuk Buka Puasa

Es buah segar masih menjadi menu andalan selama bulan puasa. Rasa haus setelah berpuasa satu hari penuh akan langsung hilang setelah menikmati segelas es buah. Es buah dingin yang segar ini bukan hanya bisa menghilangkan rasa dahaga saja tapi juga penuh gizi. Bukan cuma buah bahan lainnya juga sering dijadikan bahan es buah.

 

Biasanya bahan seperti tape, ketan, dan kolang kaling sering menjadi topping tambahan es buah. Tapi tahu enggak sih di Indonesia punyak banyak banget varian es buah dan es tradisional. Biasanya 11 es buah dan es tradisional sangat mudah ditemui selama bulan Ramadhan.

 

Sop Buah

 

sop buah

 

Image: http://resephariini.com

 

Sop buah sebenarnya enggak berbeda jauh dengan es buah pada umumnya. Sop Buah ini pertama kali ngetren di tahun 2000-an awal. Rasa segarnya memang bisa mengalahkan rasa haus setelah berpuasa satu hari penuh. Bahan es buah dan Sop Buah ini hampir mirip bedanya di sop buah kuahnya berisi jus buah-buah segar.

 

Es Teler

 

es teler

 

Image: vimeo.com

 

Es teler dengan rasa manis dan penuh susu ini juga jadi menu andalan saat berbuka puasa. Campuran alpukat, kelapa muda, potongan buah nangka, dan cincau ini membuat Es Teler banyak disukai. Cara membuatnya pun enggak susah, kamu bisa langsung mencobanya di rumah.

 

Es Pisang Ijo

 

es pisang ijo

 

Image: http://resepdanmasakan.com

 

Menu dessert dari Makassar ini sudah bisa ditemui di seluruh penjuru Indonesia. Es Pisang Ijo jadi salah satu es tradisional yang digemari banyak orang. Es yang biasanyadisajikan hangat ini isinya terdiri dari pisang yang dibalut dengan adonan berwarna hijau. Selain pisang, Es Pisang Ijo ini juga disajikan dengan bubur dengan rasa gurih manis yang mirip dengan bubur sumsum.

 

Baca Juga: 11 Inspirasi Takjil Buka Puasa Buat Pelepas Dahaga

 

Es Campur

 

es campur

 

Image: http://kopeku.blogspot.co.id

 

Mungkin di antara kamu masih ada yang bingung perbedaan Es Campur dan Es Teler. Kedua es tradisional ini sebenarnya beda banget loh. Es Campur isiannya lebih beragam mulai dari buah seperti alpukat, nanas, nangka, cincau hitam, biji selasih, dan tapai. Rasa kuahnya pun berbeda Es Teler rasa susu kental manisnya lebih terasa. Sedangkan Es Campur rasa manis dari sirup yang lebih berasa.

 

Es Blewah

 

es blewah

 

Image: http://www.kulinersehat.com

 

Es Blewah ini sebenarnya bisa masuk kategorie es buah segar. Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana hanya buah blewah, gula, air, dan es batu. Es Blewah ini juga menjadi sajian takjil khas Ramadhan. Buah blewah biasanya jarang ditemukan saat bulan-bulan biasa, makanya Es Buah Blewah ini jadi salah satu sajian wajib saat berbuka.

 

Es Kacang Merah

 

es kacang merah

 

Image: https://www.tripadvisor.com.au

 

Di daerah Sulawesi, Es Kacang Merah ini juga jadi menu berbuka favorit. Rasanya yang manis memang bisa membuat tubuh terasa segar secara instan. Kacang merah yang dijadikan bahan utama juga memiliki kandunga gizi yang baik untuk tubuh.

 

Es Cendol

 

es cendol

 

Image: https://www.burpple.com

 

Es yang terbuat dari tepung beras ini mempunyai banyak sebutan. Di Jawa Barat es ini akrab disebut dengan Es Cendol dengan ciri khas warna hijaunya. Sedangkan untuk daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebut cendol dengan sebutan es dawet. Kedua es tradisional ini enggak berbeda kok, semuanya tetap menggunakan kuah santan yang manis.

 

 

Es Oyen

 

es oyen

 

Image: http://minumanstarbucks.blogspot.com

 

Kamu yang tinggal di Jawa Barat pasti sudah enggak asing sama Es Oyen. Es Oyen ini sebenarnya enggak berbeda jauh dengan Es Campur. Es ini juga berisi buah-buahan seperti nangka, mangga, kelapa, melon, alpukat dan lainnya. Cara membuat Es Oyen ini enggak susah jadi bisa kamu coba buat di rumah dengan bahan-bahan yang sudah tersedia.

 

Es Selendang Mayang

 

es selendang mayang

 

Image: http://resep4.blogspot.com

 

Berbeda dengan es buah yang sudah disebutkan, Es Selendang Mayang ini bahan utamanya tidak menggunakan buah-buahan. Es Selendang Mayang yang berasal dari Betawi ini membuatnya susah-susah gampang. Kamu harus telerbih dahulu membuat selendang mayang yang cara membuatnya mirip dengan puding. Selendang mayang dibau dengan tepung hunkwe dan tepung sagu. Untuk kuahnya Es Selendang Mayang mengandalkan kuah dari santan.

 

Baca Juga: 5 Tempat Takjil Legendaris di Jakarta

 

Es Doger

 

[caption id="attachment_16751" align="alignnone" width="600"]es doger es doger[/caption]

 

Image: https://www.otonomi.co.id/

 

Es Doger juga jadi salah satu es khas Indonesia yang banyak digemari. Salah satu yang jadi ciri khas Es Doger adalah penambhan es puter rasa kopyor yang segar. Sekarang sudah banyak variasi Es Doger yang bisa kamu temukan. Mulai dari yang standar diisi dengan ketan hitam sampai yang menambahkan Oreo sebagai topping-nya.

 

Es Podeng

 

es podeng

 

Image: https://indonesianfoodexplorer.wordpress.com

 

Es Podeng yang jadi menu pelepas dahaga khas Betawi ini mudah ditemukan di Jakarta. Es yang punya beragam isian ini enak disantap saat hari sedang panas atau saat berbuka puasa. Campuran potongan alpukat, roti, kacang goreng, dan meses ini bisa menghilangkan rasa haus dalam hitungan detik.

 

Nah, 11 es buah dan es tradisional ini bisa jadi inspirasi menu takji selama bulan puasa. Kamu yang enggak mau ribet bisa nih membuat sendiri es buah campur yang isinya buah-buah segar. Cara membuat es buah ini paling mudah diantara es buah dan es tradisional lainnya.

 

Untuk kamu pecinta belanja online, yuk langsung daftar jadi member ShopBack di sini karena kamu berkesempatan untuk mendapatkan cashback sampai dengan 40% setiap belanja online lewat ShopBack.

 

Featured image: http://pontianak.tribunnews.com

 

Rate this item
(3 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Copyright © PN-Baturaja 2017 All Rights Reserved. Designed By PN-Baturaja